Monday, 28 April 2014
E-marketplace
Marketplace adalah suatu lokasi diInternet, di mana suatu perusahaan dapat memperoleh atau memberikan informasi,mulai transaksi pekerjaan, atau bekerja sama dalam pekerjaan apapun.
Sederhananya E-marketplace adalah situs di internet (tentunya di internet) yang mempertemukan antara pembeli dan pnjual. Namun wikipedia memberikan perngertian bawa Ecommerce adalah Pasar perdagangan elektronik di mana perusahaan mendaftarkan diri sebagai penjual atau pembeli untuk berkomunikasi dan melakukan bisnis melalui Internet.
Sebut saja situs-situs marketplace seperti juale, Tokopedia, Plasa.com, Crazzymarket, http://www.indonetwork.co.id, http://www.sme-center.com, http://www.alibaba.com dll.
Ada beberapa Jenis-jenis dari E-Marketplace :
- Private E-Marketplace : Pasar online yang dimiliki atau dikelola oleh satu perusahaan mempunyai kendali atas setiap transaksi di dalam pasar tersebut)
- Sell-side E-Marketplace : Sebuah private e-marketplace dimana satu perusahaan menjual produk untuk perusahaan memenuhi syarat.
- Buy-side E-Marketplace : Sebuah private e-marketplace dimana satu perusahaan membuat pembelian dari
- Public E-Marketplace : Pasar online yang dimiliki atau dikelola oleh pihak ketiga
- Vertical E-Marketplace : Hanya industri tertentu yang sepenuhnya berorientasi pada berbeda dari kelompok tertentu. Pembeli dan penjual dalam industri tersebut dihubungkan agar meningkatkan efisiensi biaya operasi, pasokan, persediaan dan waktu siklus. Boleh di katakan E-marketplace secara vertikal ini lebih fokus pada layanan B2B (businnes to Businnes).
- Horizontal E-Marketplace: Disesuaikan dengan fungsi atau proses yang penting dalam Mereka berjalan di beberapa industri atau banyak dan fokus pada pengetahuan yang tepat untuk mencapai hasil yang optimal.
Komponen E-marketplace
Komponen utama dan pemain dalam marketspace yaitu
1. Customer
10 juta orang di dunia ini yang membuka internet merupakan pembeli potensial atas barang dan jasa yang ditawarkan atau diiklankan di internet. Pembeli mencari perbandingan harga, barang sesuai pesanan, barang kolektor, entertainment, dan lain-lain. Mereka adalah pengemudi. Mereka bisa mencari informasi yang detail, membandingkan, menawar, dan terkadang bernegosiasi. Organisasi tersebut adalah customer terbesar, lebih dari 85% dari aktivitas EC.
2. penjual
berjuta orang terdaftar di website mempromosikan dan menawarkan berbagai variasi barang. Setiap hari terdapat penawaran baru produk dan jasa. Penjuat bisa menjuat langsung dari website mereka atau dari e-marketplace.
3. produk dan jasa
Satu perbedaan utama dari marketplace dan marketspace yaitu kemungkinan banyaknya produk dan jasa di marketspace. Meskipun kedua tipe pasar bisa menjual produk fisik, marketspace juga bisa menjual produk digital, dimana barang bisa ditransformasi ke format digital dan diberikan melalui internet. Penyampaian bisa dalam bentuk software, music dan terdapat kemungkinan untuk mengirim produk dan jasa lainnya, yang terdapat pada online exhibit 2.1. produk digital memiliki perbedaan biaya daripada produk biasa. Pada hal ini, biasanya biaya adalah tetap dan biaya variabel sangatlah rendah. Meskipun demikian, keuntungan bisa meningkat begitu cepat.
4. infrastruktur
infrastruktur marketspace meliputi jaringan elektronik, hardware, software, dan lain-lain.
5. front end
customer berinteraksi dengan marketspace melalui front end. Komponen dari front end bisa meliputi pintu gerbang penjual, katalog elektronik, shopping cart, search engine, dan pintu pembayaran.
6. back end
semua aktivitas berhubungan dengan agregasi pesanan dan pemenuhan, manajemen persediaan, pembelian dari supplier, accounting, keuangan,proses pembayaran, packaging, pendistribusian yang dinamakan back end dari sebuah bisnis.
7. perantara
dalam marketing, perantara merupakan orang ketiga yang mengoperasikan hubungan antara penjual dan pembeli. Perantara menawarkan jasa mereka dalam web. Peranan dari perantara disini berbeda dengan peranan perantara pada umumnya. Perantara online menciptakan dan mengatur pasar online. Mereka membantu mencocokkan pembeli dan penjual, menyediakan jasa infrastruktur, dan membantu customer dan atau penjual dalam menyelesaikan transaksi. Mereka juga membantu sangat banyak transaksi yang ada pada jasa penyediaan, seperti didemonstrasikan pada WebMD. Perantara online biasanya beroperasi dengan sistem komputer.
8. partner bisnis lainnya
selain perantara, terdapat beberapa tipe partner bisnis, seperti pengiriman yang berkolaborasi melalui internet, dan partner lain yang biasanya berkaitan dengan supply chain.
9. jasa pendukung
banyak jasa pendukung yang tersedia, mulai dari pengesahan sertifikat, jaminan orang ketiga, sampai penyedia layanan.
TIPE MARKETPLACE :
ELECTRONIC STOREFRONT
Electronik storefront adalah suatu perusahaan website dimana mereka menjual produk dan jasa. Ini adalah toko elektronik. Storefront ini dimiliki oleh manufaktur atau retail atau penjualan individu dari rumah atau tipe bisnis lainnya.
ELECTRONIC MALL
Sebagai tambahan untuk berbelanja pada storefront pribasi, consumer bisa juga berbelanja pada electronic mall (e-mall). Sama seperti mal pada dunia fisik, e-mall adalah tempat berbelanja omline yang bertempat dibanyak toko bertempat. Contoh hawaii.com adalah e-mall yang menjual barang-barang dan toko di hawaii. Itu mencakup direktori produk kategori dan toko pada setiap kategori.
TIPE TOKO DAN MALL
Ini adalah beberapa tipe toko dan mall :
1. toko / mall umum
ini adalah marketspace yang besar yang menjual semua tiope produk/ contoh amazon.com, choicemall.com, shop4.vcomshop.com, spree.com dan portal publik yang besar seperti yahoo.com, aol.com, lycos.com. semua departemen yang besar dan toko diskon termasuk dalam kategori ini.
2. toko / mall spesial
mereka hanya menjual satu tipe atau beberapa tipe produk, seperti buku,bunga.anggur, mobil, atau hewan. Amazon.com memulai bisnisnya sebagai spesial penjual buku, namun sekarang telah berubah menjadi general store.
3. regional vs toko global
beberapa toko, seperti e-grocers atau penjual furnitur, melayani customer yang berada pada lingkungannya saja. Contoh parknshop.com hanya melayani hongkong
TYPE PORTAL :
1. commercial / portal publik
portal ini menawarkan bermacam-macam komunitas dan merupakan portal yang peling populer di internet. Meskipun mereka bisa dicostumized oleh pengguna,mereka masih tetap diperuntukkan bagi customer dan menawarkan rutinitas harian, terkadang pada waktu yang sesungguhnya contoh perdagangan index dan saham.
2. corporate portal
menyediakan akses yang diorganisasi untuk keperluan hubungan komunikasi antara corporate dengan partner. Mereka juga dikenal sebagai enterprise portal atau enterprise information portal.
3. publishing portal
portal ini ditujukan untuk komunitas dengan keinginan / hobi yang sama. Portal ini mengandung sedikit perubahan,tetapi mereka menyediakan informasi yang luas untuk mencari kesamaan keinginan tersebut dan berkapabilitas untuk berinteraksi.
4. personal pertal
portal ini menargetkan secara spesifik mengenai informasi secara pribadi. Mereka menawarkan informasi yang terbatas dan tipenya sangat pribadi, efektifnya memiliki penonton hanya 1 orang.
5. mobile portal
ini merupakan portal yang bisa di akses melalui telepon selular. Meskipun semua portal yang disebutkan diatas merupakan portal berdasarkan PC, portal melalui telpon selular juga meningkat penggunanya.
6. voice portal
merupakan portal dengan menggunakan suara. Ini berarti mereka dapat diakses dengan menggunakan telpon standart atau HP. AOLbyPhone merupakan salah satu contoh jasa yang memperbolehkan pemakai membalas e-mail, berita, dan isi yang lain yang terdapat di dalamnya.
Pertimbangan bergabung ke dalam E-Marketplace
• Ownership E-Marketspace/ Kepemilikan E-Marketspace
• Costs/Biaya
• Ease To Use / Support (Kemudahan Menggunakan / Dukungan)
• Industry Fit/ industri yang cocok
• Marketplace Participation/ Partisipasi
• Security / Privacy (Keamanan/privacy)
• Other Sevice(layanan lain)
• Process Integration/ proses penggabungan
Di dalam dunia maya, secara prinsip, e-Marketplace berkembang melalui empat tahapan evolusi berdasarkan konsep yang dikembangkan oleh Warran D. Raisch.
Keempat tahapan evolusi tersebut masing-masing adalah:
1. Commodity Exchanges
2. Value Added Services
3. Knowledge Networks
4. Value Trust Networks
1. Commodity Exchanges
• Pada bentuk awal ini, e-Marketplace merupakan arena tempat bertemunya berbagai pihak atau entiti yang memilki tujuan utama untuk berdagang (transaksi jual-beli).
• Produk atau jasa yang paling cocok untuk diperdagangkan dalam e-Marketplace ini adalah yang bersifat komoditas.
• Alasannya adalah karena selain sesuai dengan karakteristik transaksi dagang yang cepat dan berjangka pendek, barang-barang komoditas ini mudah sekali menentukan harganya sehingga tidak sulit jika dipertukarkan secara internasional (dengan memakai standar pembayaran semacam kartu kredit dan transfer bank).
• Perbedaan yang mendasar antara pasar konvensional dengan e-Marketplace jenis ini adalah pada konsep transparansi.
• Di sisi pembeli (buyer transparency), besar sekali manfaat yang diperoleh jika bertransaksi di pasar ini karena melalui internet harga-harga produk maupun jasa dapat secara transparan diketahui.
2. Value Added Services
• Filosofi utama yang mendasari jenis perdagangan ini adalah suatu pandangan yang mengatakan bahwa setiap konsumen (atau calon pembeli) adalah unik, sehingga mereka sebenarnya mengharapkan untuk memperoleh atau dapat membeli produk atau jasa yang khusus sesuai dengan kebutuhan atau kesukaan masing-masing individu.
• Dengan kata lain, perusahaan harus mampu menghasilkan dan menawarkan produk atau jasa yang dapat di-tambahsulam-kan (tailor made) sesuai dengan keinginan unik pelanggan. Selain variasi produk yang dapat disesuaikan, harga, cara pengiriman, lama garansi, jenis asuransi, dan hal-hal lain pun dapat dipilih sesuka hati konsumen.
• Di e-Marketplace, hal ini sangat mudah dilakukan karena banyak sekali aspek-aspek penciptaan produk atau jasa yang dapat dengan mudah di-digitalisasi-kan.
• Semakin hal serupa tidak dapat dilakukan di pasar konvensional, semakin besar value added yang ditawarkan oleh e-Marketplace.
• Industri dengan produk-produk yang dapat di-digital-kan merupakan primadona di e-Marketplace ini seperti: media dan publikasi, musik dan rekaman, hiburan, kurir, dan lain sebagainya.
3. Knowledge Networks
• Perkembangan berikutnya dari e-Marketplace adalah menuju ke sebuah komunitas yang berbasis pengetahuan (knowledge).
• Perusahaan adalah merupakan kumpulan dari sumber daya manusia dengan kompetensi dan keahlian yang beragam. Interaksi antara perusahaan dengan mitra bisnis, stakeholder (yang berkepentingan), dan konsumen tidak hanya merupakan sebuah komunikasi pasif belaka, namun di dalamnya terkandung aspek-aspek pengetahuan yang secara sadar atau tidak saling dipertukarkan.
• E-Marketplace ini secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas perdagangan di dalam kehidupan manusia, karena sudah tidak ada lagi yang dapat dikelabui atau “dibodohi” oleh siapapun. Setiap tawaran, ajakan, data, maupun informasi dapat dengan mudah dicek kebenarnnya di internet.
4. Value Trust Networks
• Komunitas manusia akan terbentuk di dunia maya berdasarkan kepentingannya masing-masing (workgroups). Tentu saja interaksi tersebut dapat terwujud jika jejaring e- Marketplace yang ada dapat dipercaya.
• Berbagai prasyarat yang harus dipenuhi oleh e-Marketplace untuk menuju kepada lingkungan tersebut di antaranya adalah: faktor keamanan dalam bertransaksi, jaminan privasi dalam berkomunikasi, adanya standar pertukaran informasi antar institusi yang disepakati, dan berlakunya hukum dunia maya yang efektif.
• Pada akhirnya nanti, akan terjadi konvergensi yang utuh antara pasar konvensional dengan e-Marketplace.
• Yang penting untuk dicermati adalah bagaimana memanfaatkan kemajuan dan inovasi teknologi yang ada untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia. Tanpa adanya usaha ke arah itu, nischaya kehadiran teknologi justru akan mempercepat kemusnahan komunitas manusia di bumi ini…
Share this
Related Articles :
Popular Posts
-
Marketplace adalah suatu lokasi diInternet, di mana suatu perusahaan dapat memperoleh atau memberikan informasi,mulai transaksi pekerjaan...
-
Pengertian E-Tailing Electronic Retailing E-tailing merupakan kependekan dari electronic retailing, yaitu pemanfaatan e-commerce untuk ke...
-
Pengertian E-Marketspace Pasar di mana para penjual dan para pembeli menukar jasa dan barang-barang untuk uang atau untuk jasa d...
-
Pengertian Supply Chain Merupakan suatu aliran barang,informasi, uang dan jasa dari melalui penyalur pabrik-pabrik dan gudang sampai kepada...
-
Seiring dengan perkembangan teknologi Internet, menyebabkan munculnya kejahatan yang disebut dengan “CyberCrime” atau kejahatan ...