Monday, 28 April 2014
IKLAN
Periklanan Online
Periklanan adalah usaha untuk menyebarluaskan informasi agar dapat mendorong transaksi pembeli dan penjual.
Periklanan internet memperbaiki bentuk periklanan tradisional dalam beberapa hal:
1. Iklan internet dapat diperbarui kapan saja dengan biaya minimal dan karenanya selalu tepat waktu.
2. Iklan internet dapat mencapai banyak sekali calon pelanggan potensial di seluruh dunia, dan kadang lebih murah jika dibandingkan dengan iklan cetak, radio atau TV.
3. Iklan internet dapat bersifat interaktif dan ditujukan pada kelompok/individu tertentu.
4. Masuk akal untuk memindahkan iklan ke internet, yang memiliki jumlah pengguna yang makin bertambah.
Metode Iklan
Banner adalah papan reklame elektronik, yang biasanya berisi teks singkat atau pesan grafis untuk mempromosikan produk atau penjual.
Terdapat dua jenis banner:
1. Banner kata kunci (keyword banner) yang muncul ketika kata yang ditentukan diminta dalam mesin pencari.
2. Banner acak (random banner) yang muncul secara acak.
Pop-Up adalah iklan yang secara otomatis akan aktif jika ada pemicunya dan muncul di depan jendela yang aktif.
Pop-Under adalah iklan yang secara otomatis aktif jika ada pemicunya dan muncul di bawah jendela yang aktif; ketika pengguna menutup jendela yang aktif, akan melihat iklan tersebut.
Iklan e-mail berkembang sebagai periklanan internet dan saluran pemasaran.
Beberapa Isu dan Pendekatan Periklanan
Spamming adalah distribusi sembarang (tidak pandang bulu) iklan elektronik tanpa ijin dari penerimanya.
Pemasaran berijin (permission marketing) adalah metode pemasaran yang meminta para pelanggan memberikan ijin agar mereka secara sukarela menerima iklan dan e-mail online.
Pemasaran berantai (viral marketing) adalah pemasaran “mulut-ke-mulut” secara online.
Ada sejumlah alasan mengapa perusahaan memasang iklan di internet.
Alasan pertama karena para penonton televisi mulai berpindah ke internet. Oleh
karena itu media iklan harus mengikutinya dengan asumsi bahwa tujuan periklanan manapun adalah untuk menjangkau target audiensnya secara efektif dan efisien.
Para pengiklan mengakui bahwa mereka harus melakukan penyesuaian perencanaan pemasarannya untuk terus mengejar peningkatan jumlah orang yang
menghabiskan waktu didepan komputer on line, karena biasanya dia meninggalkan media yang lain.
Alasan lain mengapa periklanan pada e-commerce berkembang demikian
pesat adalah:
1. Iklan dapat di update setiap waktu dengan biaya minimal, oleh karena itu
2. iklan-iklan di intenet selalu bisa tampil baru.
3. Iklan dapat menjangkau pembeli potensial dalam jumlah yang sangat besar
4. dalam hitungan global.
5. Iklan on line kadang-kadang lebih murah dibandingkan iklan televisi, Koran
6. atau radio.
7. Iklan pada e-commerce dapat secara efisien menggunakan konvergensi
8. teks, audio, grafik dan animasi.
9. Manfaat internet sendiri sedang berkembang 5. dengan pesatnya.
10. Iklan di internet dapat dibuat interaktif dan dibidikkan ke kelompok-kelompok
11. tertentu atau perorangan.
Tujuan periklanan harus ditetapkan berdasarkan keputusan-keputusan
sebelumnya mengenai pasar sasaran, penentuan posisi pasar dan bauran
pemasaran. Perusahaan yang sudah bonafit serta menerapkan teknologi yang ada
sangat membutuhkan pemasaran yang jaringannya luas. Maka cocok jika
menggunakan e-commerce yang merupakan salah satu sarana pemasaran yang
jangkauannya luas bakan sampai seluruh dunia.
Beberapa keunggulan e-commerce dapat dipegang oleh perusahaan yang
tidak memaksakan kekuatan potensialnya dengan memahami keunggulan
perdagangannya untuk konsumen maupun untuk dunia bisnis.
Share this
Related Articles :
Popular Posts
-
Marketplace adalah suatu lokasi diInternet, di mana suatu perusahaan dapat memperoleh atau memberikan informasi,mulai transaksi pekerjaan...
-
Pengertian E-Tailing Electronic Retailing E-tailing merupakan kependekan dari electronic retailing, yaitu pemanfaatan e-commerce untuk ke...
-
Pengertian E-Marketspace Pasar di mana para penjual dan para pembeli menukar jasa dan barang-barang untuk uang atau untuk jasa d...
-
Pengertian Supply Chain Merupakan suatu aliran barang,informasi, uang dan jasa dari melalui penyalur pabrik-pabrik dan gudang sampai kepada...
-
Seiring dengan perkembangan teknologi Internet, menyebabkan munculnya kejahatan yang disebut dengan “CyberCrime” atau kejahatan ...